Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

PROGRAM KASIR SEDERHANA (VB)

19:01 Unknown 1 Comments Category :



PROGRAM KASIR SEDERHANA (VB)
 Hai.. Mau belajar bikin program kasir sederhana pake vb gak ?? aku baru aja selesai nyoba nih,, Perlu aku jelasin sebelumnya, aku ini bukan programer sejati.. hehe jadi yah program yang aku buat cuma sekedar yang aku bisa aja.. Itung-itung bikin tugas kampus juga,, hhe Udah siap praktik belum ?? uda punya VB ?? kalo belum.. silakhan download disini VB 6 Portable. Cuma 6 MB :) Oke kita mulai aja yuk.. Program yang aku buat adalah program kasir untuk menghitung harga total yang harus dibayar oleh pelanggan untk satu jenis barang saja. User akan menginputkan Nama Barang, Harga satuan, dan Jumlah barang. Kemudian program akan menghitung, bila total harga dari jumlah barang yang dibeli melebihi 50 ribu, maka pembeli akan diberikan diskon (potongan harga) sebesar 10 % dari total harga, dan bila kurang dari atau sama dengan 50 ribu, pembeli hanya diberikan potongan sebesar 5%. Untuk langkah pembuatan programnya sebai berikut : 1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuat form seperti gambar berikut ini :


Cara membuatnya adalah dengan melakukan drag n drop pada Label dan Texbox. Ubah Name dari masing-masing Label dan Textbox yang kamu buat. Kemudian Tambahkan pula 2 CommandButton untuk tombol Hitung dan Ulang
2. Setelah Form selesai dibuat, selanjutnya adalah menambahkan algoritma. Klik 2 kali pada tombol Hitung.. Kemudian isikan code dibawah ini diantara :
Code:
Dim HS, JB, TH, Ds, TB As Double
TextBarangBeli.Text = TextNamaBarang.Text
HS = Val(TextHargaSatuan.Text)
JB = Val(TextJumlahBarang.Text)
TH = HS * JB TextTotalHarga.
Text = TH
 If TH > 50000 Then TextDiskon.
Text = 10
Ds = (10 / 100) * TH
Else: TextDiskon.
Text = 5
Ds = (5 / 100) * TH
End If TB = TH - Ds
TextTotalBayar.Text = TB
Keterangan :
-Text cetak Biru merupakan variabel bebas yang boleh anda ganti
-Text cetak merah merupakan Name dari Label dan Textbox. Sesuakan dengan Name dari Label dan Textbox anda.
-Ganti > dengan tanda "lebih besar dari"
3. Kemudian Klik 2 kali lagi pada tombol Ulang dan isikan kode dibawah ini diantara Private Sub TombolUlang_Click() End Sub

Code :
TextNamaBarang.Text = ""
TextHargaSatuan.Text = ""
TextJumlahBarang.Text = ""
TextBarangBeli.Text = ""
TextTotalHarga.Text = ""
TextDiskon.Text = ""
TextTotalBayar.Text = ""

4. Coba jalankan Program anda dan lihat hasilnya. Kembali aku ingatkan bahwa ini hanya sebuah program kasir sederhana yang dibuat oleh org dengan kemampuan sederhana, jadi silahkan temen-temen yang lebih pintar di bidang programer yang mengembangkan lagi. :)

RELATED POSTS

1 comments

  1. Keren banget mas bisa bikin software, aku pingin nyoba juga tapi itu link downloadnya uda hilang ya mas?

    Jam Tangan Unik

    ReplyDelete