Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

animasi api unggun dangan 3dsmax

23:51 Unknown 1 Comments Category :


Animasi Api Unggun
Environment Effect
Selain menggunakan particle system kita bisa menggunakan fasilitas helpers untuk membuat animasi api, kabut dan asap.
·         Helpers
Banyak sekali animator objek animasi dimensi 3 yang menggunakan animasi api untuk lebih memperkaya bentuk objek animasi yang dibuatnya. Pada kegiatan belajar ini kita akan mencoba untuk membuat animasi yang sederhana dengan permodelan api unggun.
1.  Reset semua system yang berlaku dengan cara File à Reset.

2.  Buatlah objek permodelan api unggun dengan material kayu bakar seperti dibawah ini
.3. Untuk membuat animasi api yang pertama dilakukan klik Create  pilih Helpers  aktifkan SphereGizmo pada pilihan Atmospheric Apparatus kemudian aktifkan tanda ceklist Hemisphere seperti gambar dibawah ini.
 4.  Klik tahan dan geser mouse pada viewport top sehingga objek spheregizmo berada ditengah-tengah objek kayu bakar
5. Untuk ukuran gizmo  sesuaikan dengan besar dari objek kayu bakar seperti terlihat pada tampilan viewport dibawah ini.


 6.  Gunakan select and unifom scale  lalu pilih koordinat z untuk memperbesar ketinggian objek dengan cara klik lalu geser. Hal ini dilakukan agar api akan terlihat tinggi nantinya.
7.  Aktifkan panel modify . Pada rollout Atmospheres & Effects pilih menu add dan pada jendela add atmoshphere pilih Fire Effect setelah terpilih tekan ok.



 8. Pada jendela Atmospheres & Effects akan muncul fire effect.
9. Untuk pengaturan efek api tersebut pilih Fire Effect lalu tekan setup. Pilih Fire Effect pada Rollout Atmosphere untuk mengeluarkan parameter api.




8. Untuk melihat hasil yang telah kita buat render objek api dengan menggunakan F9.
9. Setelah kita membuat objek api kita akan menggerakan atau membuat animasi api yang kita buat, dengan cara.
10 Aktifkan pilihan tombol auto key  lalu geser slider  pada posisi frame ke 100
11.         Pada Frame 100 aktifkan SphereGizmo kemudian klik modify  > Fire Effect > Set Up Rubahlah nilai Pashe dari 0 menjadi 300 pada rollout fire effect parameters



Animasi api yang kita buat tidak bisa dilihat pada tampilan viewport meskipun kita sudah menekan play. Untuk melihat hasil keseluruhan objek animasi yang kita buat kita harus merender secara keseluruhan dari frame 0 sampai 100. sebagai contoh kita bisa menjadikannya sebuah movie dengan extention avi. Hal ini ada pada bahasan kegiatan belajar 4.
Secara default kalau kita tidak merubah nilai-nilai pada parameter api. Api yang dihasilkan seperti nyala api pada sebuah lilin.



3)  Dynamics Objects
Dynamics merupakan salah satu fasilitas dalam 3ds max yang dapat digunakan sebagai pengontrol animasi yang menggambarkan keadaan sesungguhnya dari benda yang dianimasikan.
Untuk menghasilkan animasi yang objek lebih hidup, kita dapat menerapkan beberapa fasilitas tambahan atau menggabungkan dengan fasilitas – fasilitas yang lainnya seperti partikel efek untuk menunjang hasil kerja Dynamics.
Dengan fasilitas Dynamics, anda dapat menghasilkan beberapa animasi, seperti : gerakan angin, goncangan bom, ledakan objek, pantulan partikel, benda memantul, dan beberapa animasi dynamics lainnya. Sebagai contoh kita akan membuat beberapa contoh animasi




RELATED POSTS

1 comments

  1. Bayu Syafresal Izdham: Animasi Api Unggun Dangan 3Dsmax >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Bayu Syafresal Izdham: Animasi Api Unggun Dangan 3Dsmax >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Bayu Syafresal Izdham: Animasi Api Unggun Dangan 3Dsmax >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK tv

    ReplyDelete