animasi kursi dengan 3ds max
Membuat
Tempat duduk
3.1 Mengubah
Object 2 Dimensi Menjadi 3 Dimensi
Fasilitas untuk mengubah objek
2dimensi menjadi 3dimensi terdapat pada panel modifier: Extrude, Lathe,
Loft, Terrain dan Surface Modifier. Masing-masing
fasilitas mempunyai karekteristik yang berbeda-beda serta teknik penggunaan dan
aplikasi yang berbeda-beda juga.
3.1.1 Extrude adalah fasilitas untuk membuat objek 3dimensi dengan memberi ketebalan
pada objek 2dimensi
Parameter
Amount: ketinggian objek
Segments: jumlah segmen/bagian pada ketinggian
Cap start/ends: memberikan permukaan penutup
pada dasar/atas objek
Morph/Grid: jenis penutup
Output patch/mesh: mengatur tampilan, rangka
(patch)/ masif (mesh), untuk bab selanjutnya banyak latihan dengan menggunakan
fasilitas Extrude.
Parameter
Degrees: sudut perputaran
Segments: jumlah segmen/bagian pada ketinggian
Cap start/ends: memberikan permukaan penutup
pada
dasar/atas objek
Morph/Grid: jenis penutup
Direction: mengatur sumbu perputaran
Align: menentukan metode pemutarano
Max (pada daerah positif axis)
o Center (mengikuti titik acuan sumbu)
o Min (pada daerah negatif axis)
Output patch/mesh: mengatur
tampilan, rangka (patch)/ masif (mesh)
Lathe
Modifier Lathe :digunakan untuk
memodifikasi objek Shape menjadi objek benda putar. Dalam kehidupan sehari-hari
cukup banyak objek benda putar yang dapat di jumpai seperti : gelas,
cangkir, piring, bidak catur, kaleng minuman,botol,kap lampu, guci,vas
bunga,dot bayi,baterai dll
Mari kita mulai latihan menggambar
sebuah Tempat duduk Plastik lihat gambar dibawah ini:
1.Klik kanan pada viewport Front untuk
meng-aktifkannya
2. Klik icon 3D snap untuk meng-aktifkannya
3. Klik kanan pada icon 3Dsnap untuk membuka
kotak dialog Grid and snap settings:
Aktifkan Grid Points, Grid lines, dan End
point.
4. Tutup kotak dialog Grid and Snap Setting,
awas jangan mengklik tombol Clear All
5. Pada menu bar pilih Create à Shape à Arc selanjutnya non aktifkan Start New
Shape
6. Tekan Alt W untuk memaksimalkan tampilan
Viewport Front
7. Pada Viewport Front klik dan drag untuk
menggambar sisi tempat duduk bagian kiri seperti
contoh gambar diatas dan klik kanan untuk
mengakhiri perintah garis
8. Pada menu bar Klik Modifier àPatch/Spline Editing àLathe.
9. Tekan P untuk beralih ke Viewport
Perspektif
10. pada Viewport Perspektif klik kanan pada
tulisan perspektif
11. Pada dialog menu yang muncul pilih
Configure
12. Pada dialog Viewport configurtion aktifkan
Force 2 sided pada rendering option lalu klik OK
13. Pada panel Modify à rollout Parameter ubah Segment=25
ctt: gambar Tempat Duduk diaktifkan dulu
dengan klik pada objeknya
14. Lihat Tampilan bidak nampak lebih halus
(lihat gambar dibawah) dengan pilihan parameter Degrees= 360 dan Segments= 25
File àSave :
Dengklek Ok
0 comments