animasi api unggun dangan 3dsmax
Animasi Api Unggun
Environment Effect
Selain
menggunakan particle system kita bisa
menggunakan fasilitas helpers untuk
membuat animasi api, kabut dan asap.
·
Helpers
Banyak
sekali animator objek animasi dimensi 3 yang menggunakan animasi api
untuk lebih memperkaya bentuk objek animasi yang dibuatnya. Pada kegiatan
belajar ini kita akan mencoba untuk membuat animasi yang sederhana dengan
permodelan api unggun.
1. Reset semua system yang berlaku dengan cara File à
Reset.
2. Buatlah
objek permodelan api unggun dengan material kayu bakar seperti dibawah ini
. 3.
Untuk membuat animasi api yang pertama dilakukan klik Create pilih Helpers aktifkan SphereGizmo
pada pilihan Atmospheric Apparatus kemudian aktifkan tanda ceklist Hemisphere seperti gambar dibawah ini.
4. Klik
tahan dan geser mouse pada viewport top sehingga objek spheregizmo berada
ditengah-tengah objek kayu bakar
5. Untuk
ukuran gizmo sesuaikan dengan besar dari
objek kayu bakar seperti
terlihat pada tampilan viewport dibawah ini.
6. Gunakan select and unifom scale lalu pilih koordinat z untuk memperbesar
ketinggian objek dengan cara klik lalu geser. Hal ini dilakukan agar api akan
terlihat tinggi nantinya.
7. Aktifkan panel modify . Pada rollout Atmospheres & Effects pilih
menu add dan pada jendela add atmoshphere
pilih Fire Effect setelah terpilih tekan ok.
8.
Pada jendela Atmospheres & Effects akan muncul fire effect.
9. Untuk pengaturan efek api tersebut pilih Fire Effect
lalu tekan setup. Pilih Fire
Effect pada Rollout Atmosphere untuk mengeluarkan parameter api.
8.
Untuk melihat hasil yang telah kita buat render
objek api dengan menggunakan F9.
9.
Setelah kita membuat objek api kita akan menggerakan atau membuat animasi api
yang kita buat, dengan cara.
10 Aktifkan pilihan tombol auto key lalu
geser slider pada posisi frame ke 100
11. Pada Frame 100 aktifkan SphereGizmo kemudian
klik modify > Fire
Effect > Set Up Rubahlah nilai
Pashe dari 0 menjadi 300 pada rollout
fire effect parameters
Animasi api yang kita
buat tidak bisa dilihat pada tampilan viewport
meskipun kita sudah menekan play.
Untuk melihat hasil keseluruhan objek animasi yang kita buat kita harus
merender secara keseluruhan dari frame
0 sampai 100. sebagai contoh kita bisa menjadikannya sebuah movie dengan extention avi. Hal ini ada pada bahasan kegiatan belajar 4.
Secara default kalau kita tidak merubah
nilai-nilai pada parameter api. Api yang dihasilkan seperti nyala api pada
sebuah lilin.
3)
Dynamics Objects
Dynamics merupakan salah satu fasilitas dalam
3ds max yang dapat digunakan sebagai pengontrol animasi yang menggambarkan
keadaan sesungguhnya dari benda yang dianimasikan.
Untuk menghasilkan
animasi yang objek lebih hidup, kita dapat menerapkan beberapa fasilitas
tambahan atau menggabungkan dengan fasilitas – fasilitas yang lainnya seperti
partikel efek untuk menunjang hasil kerja Dynamics.
Dengan
fasilitas Dynamics, anda dapat
menghasilkan beberapa animasi, seperti : gerakan angin, goncangan bom, ledakan
objek, pantulan partikel, benda memantul, dan beberapa animasi dynamics lainnya. Sebagai contoh kita
akan membuat beberapa contoh animasi
1 comments
Bayu Syafresal Izdham: Animasi Api Unggun Dangan 3Dsmax >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Bayu Syafresal Izdham: Animasi Api Unggun Dangan 3Dsmax >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Bayu Syafresal Izdham: Animasi Api Unggun Dangan 3Dsmax >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK tv