Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Cara Instal MongoDB di OS X

18:51 Unknown 0 Comments Category :



MongoDB x OS X
MongoDB x OS X

Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman saya melakukan instalasi MongoDB 3.2 di OSX El Capitan. Banyak kesalahan yang saya lakukan pada saat instalasi, di antaranya  kesalahanpermission direktori data MongoDB dan kesalahan membuat global path untuk service MongoDB. Untuk itu saya membuat tutorial ini untuk membantu teman-teman agar tidak mengulangi kesalahan yang saya lakukan ^^. Selain itu semoga tutorial ini juga mudah di megerti oleh teman-teman yang bahkan sangat baru dengan MongoDB seperti saya. Mari kita mulai !

Environment

  1. MongoDB 3.2.0
  2. OS X 10.11.0 (El Capitan)

Instalasi

Pada tutorial ini, instalasi MongoDB akan menggunakan package manager Homebrew. Panduan instalasi Homebrew dapat dilihat di situs Homebrew. Alasan saya menggunakan Homebrew karena lebih praktis dibandingkan dengan file instalasi MongoDB berbentuk file kompresi.

Update Homebrew

$ brew update

Instal MongoDB

$ brew install mongodb

Instal MongoDB dengan dukungan TSL/SSL

$ brew install mongodb --with-openssl

Instal Rilis Terbaru MongoDB

$ brew install mongodb --devel

MongoDB Data

Selanjutnya buat direktori untuk menyimpan data MongoDB. Secara default data MongoDB disimpan di /data/db. Setting permission /data/db ke user yang teman-teman gunakan.
$ sudo mkdir -p /data/db
$ whoami
afifhendrawan
$ sudo chown afifhendrawan /data/db

Setting PATH MongoDB

Bila melakukan instalasi MongoDB via Homebrew, maka default direktori dari MongoDB adalah /usr/local/bin/
$ cd ~
$ pwd
/Users/afifhendrawan
$ touch .bash_profile
$ vim .bash_profile
Pada ./bash_profile isikan
export MONGO_PATH=/usr/local/
export PATH=$PATH:$MONGO_PATH/bin
Restart terminal

Jalankan Server MongoDB

$ mongod
MongoDB starting pid:1453 port=27017 dbpath=/data/db 64bit host=Afif-MacBook-Pro.local
//...
waiting connection on port 27017

Jalankan MongoDB

$ mongo -version //cek versi MongoDB
$ mongo //menjalankan client MongoDB
Bagiamana ? Saya rasa cukup mudah. Jika teman-teman ingin menjalankan MongoDB dengan direktori data yang lainnya, dapat menggunakan opsi
$ mongo --dbpath /path
Semoga dapat membantu teman-teman yang mengalami kesulitan dalam instalasi MongoDB khususnya di OS X.

sumber : http://hendra.room318online.com/instalasi-mongodb-di-os-x/

RELATED POSTS

0 comments