Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Memperbaiki Grub yang rusak

00:05 Unknown 0 Comments Category :



Memperbaiki Grub yang rusak

Mungkin anda pernah mengalami masalah seperti ini, instalasi GRUB anda terhapus atau mengalami corrupt sehingga anda tidak bisa memboot PC anda. Untuk menyelamatkannya, kita harus masuk ke partisi boot kita dan menghidupkan distro tersebut. Lho, kok harus masuk ke partisi boot, bukankah GRUBnya rusak dan tidak mungkin masuk tanpa GRUB.
Itulah sebabnya kita memerlukan boot disk atau CD rescue/live yang memungkinkan anda untuk mengedit command linenya / memberikan prompt grub> sebelum booting. Saya menggunakan RIP Live Linux. Saya memboot RIP dengan merubah urutan booting BIOS saya menjadi CDROM,C,A. Saat GRUB di loading dan menampilkan menu (milik RIP) tekan tombol c untuk masuk mode command line. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1.

Memboot distribusi master boot anda

grub>root (hd0,4)
Ini jika partisi root terletak di partisi logical pertama atau hda5, mungkin milik anda berbeda. Jika anda tidak tahu, anda bisa menggunakan aplikasi pemartisi (cfdisk, GNUparted) untuk melihatnya, terutama urutan sebenarnya

grub>kernel /boot/vmlinuz-2.6.15-23-386 root=/dev/hda5 ro single
Di Ubuntu 6.06 kernel yang digunakan adalah versi 2.6 dengan nama lengkap vmlinuz-2.6.15-23-386 dan terletak di /boot. Kemudian anda juga harus memberitahu linux untuk mencari partisi root ( / ) di partisi hda5 serta booting dalam mode single user.

grub>initrd /boot/initrd.img-2.6.15-23-386
Ini adalah file init milik kernel yang sama dengan namanya.

grub>boot
Perintah terakhir ini akan membawa anda ke console/desktop distribusi anda. Oya, jika anda tidak tahu nama kernel dan initrd anda, silahkan masuk ke mode live cd dan memount partisi sasaran anda dan melihat isi direktori /boot. Di RIP saya hanya perlu menjalankan langkah berikut secara berurutan.

#mkdir /mnt/ubuntu #saya membuat mount point baru
#mount /dev/hda5 /mnt/ubuntu -t ext3 #saya memount partisi hda5 di /mnt/ubuntu
#ls /mnt/ubuntu/boot #saya melihat isi direktori /boot di mount point tadi

Langkah 2.
Merestore instalasi GRUB Langkah ini sebenarnya amatlah mudah. Anda hanya perlu menjalankan satu perintah saja dari consol
root@MyUbuntu#grub-install hd0
Ya, itu saja dan silahkan me-reboot PC anda, insyaAlaah GRUB anda telah kembali lengkap dengan menu semula.

RELATED POSTS

0 comments