Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Membuat ftp server sendiri

19:13 Unknown 0 Comments Category :


Membuat FTP server sendiri
FTP itu singkatan dari File Transfer Protocol. FTP ini biasanya digunakan untuk transfer data dari satu komputer, ke komputer yang lain dengan media internet. FTP ini membantu agar file pekerjaan kita dapat diakses darimana saja.

X : oo…gitu…trus bikinnya gimana ?

Bentar, sebelum masuk ke cara pembuatannya, ada yang harus saya terangkan Tongue . FTP ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu FTP Server dan FTP Client. FTP Server adalah digunakan sebagai media penghubung komunikasi antara tempat penyimpanan file dengan perintah/ permintaan orang yang mengakses file tersebut. Sedangkan FTP Client adalah software yang digunakan untuk mengirimkan syntax komunikasi dengan FTP Server.

X : hmm…jadi yang pengen gw buat itu keknya FTP Server deh,cid. Biar gw bisa akses file gw yang ada di rumah. Big Grin

FTP Server yah ? hmm…sebenarnya banyak cara pembuatan FTP Server ini. Yang kali ini akan saya bahas adalah cara pembuatan FTP Server dengan menggunakan FileZilla Server. Software tersebut bisa kalian Download di sini. Bila kalian sudah melakukan download, kalian tinggal install saja.

Tahap pertama pembuatan FTP Server pun selesai. Untuk dapat mendukung pengambilan file darimana saja, sangat dianjurkan kamu mempunyai koneksi internet dengan IP Static bukan IP Dinamis. Bila kalian sudah mempunyai IP Static, maka masuklah ke Modem internet kalian via Browser. Cara untuk masuknya adalah dengan mengetikkan alamat 192.168.1.1 / alamat IP Modem internet anda. Kemudian, cari lah fasilitas Port Forwarding. Fasilitas ini memungkinkan kita meneruskan request port tertentu pada modem ke port yang ada di komputer kita.

Bila sudah menemukan fasilitas Port Forwarding pada modem anda, silahkan masukkan nomor 21 pada bagian port yang akan di teruskan kemudian masukkan IP Address komputer anda. Perlu anda ingat, bila anda menggunakan Firewall, berikanlah ijin untuk mengakses port 21 tersebut. Karena, bila ter-block oleh firewall, fasilitas FTP kita tidak akan berjalan. Bila sudah, save setting modem anda.

Dengan demikian, maka anda sudah mempunyai FTP Server sendiri. Wink

Untuk melakukan pengecekkan, kalian bisa masuk ke Command Prompt, kemudian ketik “ftp (ip address internet anda)” (tanpa tanda kutip).

X : udah gw coba cid, tapi ko gak bisa yah ?

Biasanya, kalau kita coba sendiri memang tidak bisa menggunakan IP Internet. Karena, kita tidak bisa ping dari ip internet yang sama. Tapi harus menggunakan IP Address Local kita yaitu 127.0.0.1 atau Ip Address dari komputer anda.

X : ooo…gitu….trus kalo maw Download file – file yang ada di FTP Server kita ke komputer lain, begimana ?

Hmm…banyak syntax dalam dunia FTP ini yang harus dihapalkan bila anda menggunakan Command Prompt sebagai FTP Client. Namun, untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan FileZilla FTP Client. Lebih Mudah dan lebih User Friendly. Wink

Mungkin sekian aja dulu kali yah. Kalian juga bisa liat software – software yang saya miliki di ftp://demure.blogsite.org atau di http://118.96.110.83 . Kalian bisa download dan upload ke file server saya. Mohon gunakan download manager saat mendownload untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Happy Sharing ! 

RELATED POSTS

0 comments