Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

animasi kursi dengan 3ds max

07:13 Unknown 0 Comments Category :



Membuat Tempat duduk

3.1 Mengubah Object 2 Dimensi Menjadi 3 Dimensi

Fasilitas untuk mengubah objek 2dimensi menjadi 3dimensi terdapat pada panel modifier: Extrude, Lathe, Loft, Terrain dan Surface Modifier. Masing-masing fasilitas mempunyai karekteristik yang berbeda-beda serta teknik penggunaan dan aplikasi yang berbeda-beda juga.
3.1.1 Extrude adalah fasilitas untuk membuat objek 3dimensi dengan memberi ketebalan pada objek 2dimensi
Parameter
Amount: ketinggian objek
Segments: jumlah segmen/bagian pada ketinggian
Cap start/ends: memberikan permukaan penutup pada dasar/atas objek
Morph/Grid: jenis penutup
Output patch/mesh: mengatur tampilan, rangka (patch)/ masif (mesh), untuk bab selanjutnya banyak latihan dengan menggunakan fasilitas Extrude.
3.1.2 Lathe adalah fasilitas untuk membuat objek 3dimensi dengan memutar objek 2dimensi
Parameter
Degrees: sudut perputaran
Segments: jumlah segmen/bagian pada ketinggian
Cap start/ends: memberikan permukaan penutup pada
dasar/atas objek
Morph/Grid: jenis penutup
Direction: mengatur sumbu perputaran
Align: menentukan metode pemutarano
Max (pada daerah positif axis)
o Center (mengikuti titik acuan sumbu)
o Min (pada daerah negatif axis)
Output patch/mesh: mengatur tampilan, rangka (patch)/ masif (mesh)
Lathe
Modifier Lathe :digunakan untuk memodifikasi objek Shape menjadi objek benda putar. Dalam kehidupan sehari-hari cukup banyak objek benda putar yang dapat di jumpai seperti : gelas, cangkir, piring, bidak catur, kaleng minuman,botol,kap lampu, guci,vas bunga,dot bayi,baterai dll
Mari kita mulai latihan menggambar sebuah Tempat duduk Plastik lihat gambar dibawah ini:

 1.Klik kanan pada viewport Front untuk meng-aktifkannya
2. Klik icon 3D snap untuk meng-aktifkannya
3. Klik kanan pada icon 3Dsnap untuk membuka kotak dialog Grid and snap settings:
Aktifkan Grid Points, Grid lines, dan End point.
4. Tutup kotak dialog Grid and Snap Setting, awas jangan mengklik tombol Clear All
5. Pada menu bar pilih Create à Shape à Arc selanjutnya non aktifkan Start New Shape
6. Tekan Alt W untuk memaksimalkan tampilan Viewport Front
7. Pada Viewport Front klik dan drag untuk menggambar sisi tempat duduk bagian kiri seperti
contoh gambar diatas dan klik kanan untuk mengakhiri perintah garis
8. Pada menu bar Klik Modifier àPatch/Spline Editing àLathe.
9. Tekan P untuk beralih ke Viewport Perspektif
10. pada Viewport Perspektif klik kanan pada tulisan perspektif
11. Pada dialog menu yang muncul pilih Configure
12. Pada dialog Viewport configurtion aktifkan Force 2 sided pada rendering option lalu klik OK
13. Pada panel Modify à rollout Parameter ubah Segment=25
ctt: gambar Tempat Duduk diaktifkan dulu dengan klik pada objeknya
14. Lihat Tampilan bidak nampak lebih halus (lihat gambar dibawah) dengan pilihan parameter Degrees= 360 dan Segments= 25
 15. Simpan hasil gambar dengan nama: Dengklek. Max
File àSave : Dengklek Ok

RELATED POSTS

0 comments