Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

pengertian dan macam-macam hardware

11:29 Unknown 0 Comments Category :


Hardware

Pada pos saya kali ini saya ingin memberikan sedikit pengenalan serta penjelasan mengenai macam-macam perangkat keras atau komponen-komponen hardware utama yang terdapat pada komputer PC beserta fungsi-fungsinya. 

Perangkat keras adalah merupakan komponen-komponen atau semua bagian-bagian berbentuk fisik dan dapat disentuh yang ada pada komputer. Komponen-komponen perangkat keras tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa tipe (module) sesuai dengan sistem pengoperasiannya. Perangkat keras atau hardware tersebut terbagi atas beberapa macam bagian, yaitu:

1. Input device (komponen yang melakukan pemasukkan data).
Input device adalah suatu perngkat keras/hardware yang digunakan untuk memasukkan data (input) kedalam komputer. Contoh input device misalnya adalah keyboard, mouse, joystick dan lain sebagainya.

2. Process device (komponen yang melakukan pemrosesan)
Process device dapat diartikan sebagai unit-unit komponen pemrosesan yang digunakan untuk memproses data-data. Contoh dari process device adalah prosesor, mainboard dan lain sebagainya.

3. Output device (komponen yang menghasilkan keluaran)
Output device merupakan komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan seluruh hasil pemrosesan yang berupa fisik ataupun non fisik yang berasal dari CPU sehingga bisa menghasilkan informasi kepada penggunanya. Contoh dari output device diantaranya adalah monitor, printer, speaker dan lain-lain.

4. Storage device (komponen penyimpanan)
Storage atau media penyimpanan merupakan komponen-komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data-data. Contoh dari storage device misalnya adalah harddisk, flashdisk dan lainnya.

5. Peripheral device (komponen pelengkap)
Peripheral device merupakan perangkat-perangkat tambahan pada komputer. Tanpa komponen peripheral device sebenarnya sebuah komputer sudah bisa difungsikan, akan tetapi dengan adanya perangkat tambahan, maka sebuah komputer akan semakin optimal. Contoh dari peripheral device antara lain adalah speaker (sound system), joystick, microphone dan lain sebagainya.

Beberapa macam perangkat keras (hardware) utama komputer:

1. Mainboard.


Mainboard yang disebut juga motherboard atau mobo merupakan sebuah papan utama tempat dimana semua komponen sirkuit saling terhubung. Mainboard memiliki jalur-jalur serta konektor bagi setiap komponen perangkat dalam komputer.

2. Prosesor. 

Prosesor merupakan sebuah perangkat keras dimana seluruh proses perintah dieksekusi. Prosesor juga lazim disebut dengan nama CPU. Fungsi dari prosesor bagi sebuah PC layaknya sebagai otak pada manusia. Optimal atau tidaknya kinerja sebuah komputer tergantung dari perangkat ini.

3. Video Graphics Array atau VGA.

Video Graphics Array atau VGA adalah salah satu perangkat keras (hardware device) yang mengatur tingkat resolusi dan tingkat ketajaman grafis pada sebuah komputer. Semakin tinggi spesifikasi dari sebuah VGA, maka akan semakin tajam grafis yang ditampilkan.

4. Harddisk atau HDD.


Harddisk atau HDD (Hard Disk Drive) merupakan salah satu perangkat keras tempat menyimpan data-data. Seluruh data pada saat pengoperasian komputer anda diletakkan dan tersimpan didalam perangkat keras ini. Harddisk seiring perkembangannya semakin memiliki kapasitas yang semakin besar, dari mulai harddisk konvensional yang berkapasitas rendah, hingga yang telah mencapai 1 TB (Tera Byte) atau 1000 GB (Giga Byte).

5. Memory atau Memori RAM.








Memory atau memori komputer berfungsi sebagai salah satu komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara pada komputer (pada saat komputer masih menyala). Data-data yang bersifat sementara tersebut kemudian akan dimasukkan kedalam harddisk. Harga dan spesifikasi dari memori terus berkembang dan berevolusi. Seperti memori DDR1, DDR2 hingga saat ini menjadi DDR3. Harganya pun bervariasi dan fluktuatif karena harga dari perangkat keras komputer biasanya dipengaruhi oleh naik turunnya nilai tukar/kurs dollar. Untuk saat ini harga sebuah Memori DDR3 4GB berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah tergantung dari merk.


6.Flasdisk.




USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Fungsi dari Flash disk adalah sebagai media penyimpanan data


cara kerjanya adalah dengan memasukkan sambungan USB kedalam slot USB yang ada di komputer, tunggu sampai komputer anda mendetect FD tsb, maka baru ia dapat digunakan



7.Speaker



speaker adalah salah satu perlatan output yang berbeentuk kotak atau bulat dengan kemasan unik yang berfungi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara dari komputer.agar speaker daat mngeluarkan suara diperlukan hardware berupa sound card (pemroses audio)

8.Printer



















Pengertian printer
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
Jenis Printer
Printer Dot-Matrix
adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
InkJet Printer
adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
Mungkin definisi lengkapnya seperti berikut Printer atau pencetak adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas.
Di bawah ini ada bagian bagian printer yang mungkin belum anda ketahui. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu :
  • Tray ialah tempat untuk menaruh kertas.
  • Picker sebagai alat untuk mengambil kertas dari tray.
  • Tinta atau toner adalah alat pencetak yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas. Tinta dan Toner memiliki perbedaan pada sistem. Toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
  • Kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat.
  • Pada bagian belakang printer biasanya ada Port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Saat ini, Merk produk printer yang banyak digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk jenisnya, printer memiliki beberapa jenis diantanya Printer Dot-Matrix, Printer InkJet dan Printer Laser

RELATED POSTS

0 comments